Bimbingan Teknis ke PPPPTK Yogyakarta HIMAPMA Universitas Muhammdiyah Purworejo




 

Selasa, 26 September 2017 HIMAPMA mengadakan Kunjungan dan Bimbingan Teknis di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (disingkat PPPPTK) Yogyakarta. Dengan Dr. Teguh Wibowo, M.Pd.  sebagai dosen pendamping dalam acara tersebut.
Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa pendidikan matematika semester 3. Latar belakang di adakannya kegiatan ini yaitu bahwasannya mata kuliah media pembelajaran mengharuskan mahasiswa untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran baru alangkah baiknya mahasiswa tersebut mendapat wawasan dan pengetahuan tentang materi matematika yang lebih luas, sehinggan mereka dapat mengembangkan dan membuat media pembelajaran matematika yang lebih baik. Serta diharapkan mahasiswa tersebut mendapat ide-ide yang lebih baru lagi dalam pembuatan media pembelajaran sehingga tidak akan ada ide-ide yang sama seperti tahun sebelumnya.
Kunjungan dan Bimbingan teknis ini diikuti oleh 64 peserta dari pendidikan matematika, 5 pengurus HIMAPMA dan 1 Dosen pendamping. peserta dalam acara ini diberikan bekal 4 materi yaitu: matematika di alam, geometri, permainan computer dan multimedia, dan Eksplorasi dan problem solving game.
Dalam kegiatam bimbingan teknis di PPPPTK ini, mahasiswa memperoleh banyak materi yang di sajikan oleh panitia PPPPTK, misalkan matematika di alam, mahasiswa dapat ilmu baru bahwasannya matematika itu ada di alam contohnya banyak sekali bentuk bentuk geometris di alam. Pada materi geometri mahasiswa di ajarkan membuat alat peraga dari bahan sehari-hari yang murah meriah, yaitu membuat bentuk bangun ruang dari sedotan. Kemudian pada materi permainan computer dan multia media, mahasiswa diperkenalkan dengan web yang didesain untuk melatih kecepatan dan ketepatan berhitung yaitu Kahoot.it, bukan hanya itu mahasiswa juga di ajarkan cara membuat akun di web Kahoot. Pada materi terakhir yaitu Ekplorasi dan Problem solving Game, mahasiswa diajarkan untuk berpikir kritis dari berbagai sudut padang untuk menyelesaikan suatu masalah.
Perjalanan terakhir kami isi dengan fieldtrip ke Taman Pelangi Yogyakarta.

Baca juga

Posting Komentar